-->

Berita Harian

Sunday 14 May 2017

author photo

Melindungi Blog dari Plagiarism

Sebutan Plagiat dalam dunia blogging yaitu bagi orang yang mencolong karya tulis orang lain seenaknya. Memang hal itu sangatlah menjengkelkan, bahkan lebih menjengkelkan lagi bila blog plagiat itulah yang malah banyak pengunjungnya. Oleh karena itu, pada kali ini saya akan membahas cara mengamankan blog dari plagiarism.

copypaste
Gambar : http://www.portseo.web.id

Apakah blog plagiat itu merugikan ? 

Kerugian yang ditimbulkan oleh blog plagiat terhadap blog original itu sebenarnya beragam, semua itu tergantung kepada kualitas kedua blog tersebut. Apabila sebuah blog plagiat itu misalnya mengambil artikel atau berita dari blog - blog yang bahkan sudah terkenal, semua itu hanya akan sia - sia. Namun jika blog plagiat mengambil artikel dari blog yang berumur atau mungkin belum terkenal dan berposisi dibawahnya, jelas hal tersebut akan sangat merugikan sekali bagi sipemilik blog original. Salahsatu kerugian yang ditimbulkan biasanya trafik yang malah banyak di blog plagiat tersebut. 

Bagaimana cara mengatasinya ?

Memang sangat menjengkelkan sekali jika artikel hasil kerja keras bahkan sampai bermalam - malam untuk memikirkan isi nya dan seenaknya di copy paste oleh orang lain. Namun jangan khawatir, ada satu cara yang berguna untuk mengatasi artikel dari seorang plagiat. Teman - teman bisa memasang DMCA di blog kalian supaya terhindar dari plagiat.

Apa itu DMCA ?

DMCA Protection merupakan sebuah perlindungan terhadap konten - konten berhak cipta yang berada dalam blog, seperti tulisan, gambar atau video. Dengan menggunakan DMCA ini artikel yang terdapat dalam blog akan terdeteksi bila ada yang mencurinya. Meskipun teman - teman sudah mendaftarkan blog nya ke DMCA, tidak berarti bahwa akan 100% aman dari pencuri atau plagiat konten. Namun setidaknya kita dapat mendeteksi dan melaporkannya ke pihak DMCA. 

Cara terbaru mendaftar di DMCA

Untuk mendaftarkan blog teman - teman ke DMCA bisa ikuti tahapan berikut :
1. Masuk ke website DMCA

2. Klik "Sign Up" di sudut kanan atas
Disana ada tiga pilihan, 
  • Create a Takedown : untuk melumpuhkan blog yang mencuri artikel, namun disini teman - teman harus membayar seharga $10/perbulan.
  • Get a FREE Badge : teman - teman akan mendapatkan lencana atau logo DMCA yang nantinya akan dipasang di blog dan sebagai bukti bahwa blog tersebut dilindungi oleh DMCA
  • Ask a Question : bagian ini untuk menanyakan sesuatu kepada admin web tersebut
Jadi disini silahkan teman - teman pilih "Get a FREE Badge"

3. Selanjutnya kalian isi dibagian nomer 2. Register Your Badge, untuk bagian yang lainnya lewati saja dulu. Silahkan isi Nama dan Email yang benar.

4. Setelah mendaftar, buka kontak masuk di email yang tadi didaftarkan. Disana terdapat link untuk login serta username dan password nya. Silahkan klik link login tersebut dan masukan username beserta passwordnya.

5. Klik "Add your Badges to your site"

6. Silahkan teman - teman pilih style mana yang disukai dan copy kode HTML nya.

7. Selanjutnya tinggal masukkan kode tersebut ke blog dengan cara buka Tata Letak >> Tambahkan Gadget (dimana saja) >> HTML/JavaScript >> Paste kode tadi dibagian konten.

Bukti Penghapusan Artikel Plagiat

Gambar : screenshoot

Mungkin sekian cara daftar DMCA untuk mengamankan blog dari plagiat, selanjutnya akan saya bahas kembali mengenai mengadukan jika artikel kita dicuri. Semoga artikel ini bermanfaat, salam blogger :D

Artikel Menarik Lainnya


 

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post