-->

Berita Harian

Saturday 23 December 2017

author photo
facebook sound collection

Facebook Sound Collection atau Koleksi Suara Facebook adalah sebuah fitur baru yang dikeluarkan oleh Facebook pada tanggal 8 Desember 2017.

Fitur ini berisi berbagai musik yang bisa Kamu jadikan sebagai backsound dan ada juga efek suara. Jika kamu seorang Youtuber mungkin sudah tidak aneh dengan musik Free Copyright (Bebas Hak Cipta). Nah pada Facebook Sound Collection juga seperti itu, musik yang mereka tawarkan merupakan musik yang bebas dari hak cipta.

Dengan begitu Kamu bisa menggunakan berbagai musik dan efek suara yang ada pada Koleksi Suara Facebook untuk video secara bebas tanpa teguran hak cipta. Karena biasanya Facebook akan menghapus video jika video tersebut menggunakan backsound ber-hak cipta.


Apakah bisa digunakan untuk video YouTube ?


Jika dilihat di artikel resmi yang dikeluarkan Facebook, mereka mengatakan bahwa :
These sounds are owned by Facebook, and are free and clear to use in any videos you create and share on Facebook and Instagram.
Bisa kita artikan bawha suara tersebut dimiliki oleh Facebook, dan Kita bisa menggunakan di video yang Kita buat dan bisa dibagikan di Facebook dan Instagram.

Jika dilihat dari kutipan tersebut, Koleksi Suara Facebook jelas bisa digunakan secara gratis selama hanya mengupload nya di Facebook dan Instagram. Selain dari kedua itu, mungkin tidak bisa digunakan secara gratis.

Tapi tidak ada salah nya bagi seorang Youtuber untuk mencobanya.


Masuk ke Facebook Sound Collection


Kamu bisa masuk ke situs resmi Facebook Sound Colletion yang beralamat https://www.facebook.com/sound/collection

Disana Kamu akan menemukan 1.000 Track gratis dengan berbagai Genre dan juga 1.504 Efek Suara gratis. Mungkin semakin lama, jumlah Track dan Efek Suara akan semakin bertambah.

Berikut tampilan dari Facebook Sound Collection

facebook sound collection
Tampilan Facebook Sound Collection di bagian Track

facebook sound collection
Tampilan Facebook Sound Collection di bagian Efek Suara

Untuk apakah semua ini ?


Jika Saya pikirkan, mungkin Facebook ingin menyaingi YouTube dalam hal video. Kemungkinan besar nantinya Video Facebook juga bisa di monetisasi layaknya Audience Network yang berguna untuk memonetisasi artikel blog.

Jika hal tersebut terjadi, jelas akan sangat menguntungkan. Sosial Media yang paling banyak digunakan ini akan menjadi tempat mencari uang juga.


Penutup


Mungkin itulah informasi mengenai Faceebok Sound Collection atau Koleksi Suara Facebook yang bisa Saya bagikan kepada kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman - teman kalian dan jangan lupa like Fanspage Kami.


Artikel Menarik Lainnya


 

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post