-->

Berita Harian

Sunday 18 February 2018

author photo
Seringnya menulis didalam blog, baik itu blogger, wordpress maupun yang lain adalah penting ketika tulisan kita bisa ditemukan ketika dicari di google, bagi blogger yang sudah lama ngeblog pasti sudah mengerti bahkan punya teknik teknik tertentu untuk membuat blog dan postingan kita cepat terindex di google ataupun yahoo.

Webmaster Tools

Adalah webmaster tools, sebuah layanan yang disediakan mesin pencari google dan yahoo yang salah satu fungsinya adalah untuk memperkenalkan blog atau postingan kita ke google agar cepat dirayapi, jika ada peryataan “tanpa menggunakan webmaster tool, google dan yahoo juga tetap akan merayapi postingan dan blog” , ya pernyataan itu memang benar tetapi cobalah bayangkan ada berapa postingan dalam 1 menit di seluruh dunia atau Indonesia, ada berapa blogger yang juga mengupdate konten blognya tiap menit, yang kemudian mesin pencari google dan yahoo pun akan merayapi semua postingan blog yang sedang terupdate, butuh berapa lama mereka merayapi.

Memang google dan yahoo adalah mesin pencari yang berjalan otomatis, tetapi menurut saya google dan yahoo akan lebih dulu merayapi semua konten atau postingan dengan keyword atau kata kunci yang populer atau sering dipakai di mesin pencari tersebut, jika ternyata postingan kita atau konten kita tidak populer kira kira mesin pencari apakah akan cepat merayapi blog kita? nah itu sebuah pertanyaan yang pasti dengan jawaban yang beragam menurut masing masing blogger, silahkan berkomentar untuk pertanyaan ini.

Selanjutnya saya akan mencoba mempraktekan dengan menggunakan mesin pencari google (yahoo pada dasarnya sama)

Ciri postingan kita belum terindex google


Cara mengetahui postingan kita sudah terindex google atau belum,
  1. ketikan dalam kolom pencarian google ” site:contohweb.com/judul-postingan/ ” (gunakan tanpa tanda petik ” )

2. ketika proses 1 dilakukan akan tampak bahwa google tidak mengenali tulisan dengan judul sesuai dengan postingan ini, tampak pula bahwa google menyarankan untuk menggunakan google search console agar tulisan kita cepat dirayapi google.

Ciri postingan sudah terindex google


Halaman sudah terindex dan jumlah index tertera diatas.


Cara menggunakan google webmaster tool

  1. Silahkan login gmail terlebih dahulu

2. Masuk ke url webmaster tool https://www.google.com/webmasters/tools



3. Masukan url blog kemudian klik tombol tambah properti

4. Google membutuhkan verifikasi blog dengan cara penambahan meta yang harus disisipkan kedalam blog, nantinya meta ini yang akan dicek oleh google. Google menyediakan 2 metode untuk penyisipan meta ini.


5. Saya lebih menyukai menggunakan metode kedua yaitu metode alternatif,

6. Pilih pilihan Tag HTML dengan cara meng-klik radio buttonnya, maka akan tampil meta tag nya, silahkan copy kemudian pastekan ke blog, karena saya menggunakan wordpress saya menyalin meta tag ini melalui plugin Yoast SEO

7. Paste atau salin meta tag dari google webmaster tools ke plugin Yoast SEO pada menu general > tab webmaster tools kemudian di save change. dalam menu ini juga terdapat kolom untuk mengisikan webmaster tools yang lain seperti alexa, bing dan yandex silahkan gunakan semuanya untuk hasil yang lebih maksimal

8. Kemudian kembali ke google webmaster tools untuk memverifikasi blog dengan mengklik Verify !

9. Setelah terverifikasi oleh google webmaster tools, silahkan pilih continue, jika belum berhasil berarti meta tag belum dicopykan dengan benar. Akan tampil halaman dashboard anda
Saya menggunakan pilihan bahasa Indonesia.

10. Pilih menu perayapan

11. Kemudian pilih sub menu Ambil sebagai Google, maka akan muncul kolom isian untuk memasukan alamat postingan, jika yang ingin dirayapi adalah halaman beranda blog, maka kosongkan kolom perayapan tersebut. Kemudian klik tombol ambil dan render disebelah kanan kolom perayapan.

12. Proses perayapan atau indexing akan dimulai oleh google.

Pada gambar diatas tertera keterangan sebagian, ini dikarenakan ada beberapa file yang berhubungan dengan postingan yang ingin dirayapi ini tidak bisa diakses oleh google, biasanya terkait file permission.

13. Kemudian klik tombol kirim ke indeks agar google segera merayapi halaman blog, setelah meng-klik tombol tersebut akan mucul jendela pertanyaan tentang apa yang ingin dirayapi oleh google, silahkan pilih yang pertama (Rayapi URL ini saja)

14. Setelah menyelesaikan tahap diatas, maka keterangan di dashboard google webmaster tools akan berganti menjadi ” URL Telah Dikirimkan Ke Indeks ” itu berarti url postingan kita sudah dikenali oleh google. silahkan lakukan pencarian kembali untuk url postingan apakah sudah terindex google.

Berikutnya adalah melakukan setting SITEMAP, caranya pada halaman Status Saat ini di Dashboard webmastertool letaknya di sebelah kanan atas anda klik Sitemaps, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

tipsseomudah.blogspot.com

Lalu dalam kolom setelah alamat URL blog anda. seperti yang terlihat pada gambar di bawah berikut anda isikan:

feeds/posts/default?max-results=400

tipsseomudah.blogspot.com

Demikian postingan saya tentang cara menggunakan google webmaster tools untuk memaksimalkan indexing postingan blog. Untuk cara menggunakan bing webmaster tools prinsipnya hampir sama dengan google webmaster tools.

Silahkan berkomentar.
Jika bermanfaat jangan lupa share. Terimakasih!
 

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post